Kamis, 27 Juli 2017

My Thyroid Monthly Check Up + Current Condition

28 Juli 2017
Soooooo, its been a week since i skipped my monthly check up schedule. Harusnya tiap tanggal 21 tiap bulan tapi berhubung kurang dana ya jadi skip aja dulu kali gapapa ya.

Mau update hasil check up bulanan aku. Jadi, aku domisili di bandung. Dan ditangani oleh dokter endokrinologi di RS Borromeus Bandung. Beliau udah terkenal banget dengan predikat ahli tiroid di bandung soalnya beliau katanya dokter endokrin pertama di bandung.

Soooo, hasil tes darah aku bulan kemarin begini....


Iyaaaaaa. Jangan tanya kenapa cuma tshs dan kolestrol lengkap. Emang gitu kali ya prosedur beliau suruh periksanya. Tiap aku nanya 'prof, kok ga sama ft4 sama ft3 nya?' Beliau selalu bilang gausah. Padahal dari situ kita bisa liat hormon kita sebenernya berapa. (I planned to change to another doctor)
oke, aku manut manut aja dulu. Terserah beliau.

Jadi hasil bulan kemarin, aku check up bulan kemarin sebelum lebaran. Tanggal 21 juni 2017, hasil tshs nya 0,033. Thats mean HYPERTHYROID. Iya! Ini setelah aku punya tshs NOL bulan mei kemaren, ini gara2 internist kolot yang seenaknya kasih aku dosis 200mcg levothyroxine sodium. 2 bulan lebih hiper tiroid banget itu ancur bro badan.
Nah hasil TSHs 0,033 ini setelah si Prof nurunin dosis Levothyroxine Sodium aku ke 100mcg sehari sekali, bangun tidur dalam perut kosong. Oke sip! Dari sebelumnya 0 jad 0,033, cuma naik nol koma nol tiga itu ga ngaruh apa apa. Aku masih hipertiroid. Akhirnya beliau nurunin lag dosis levothyroxine sodium aku ke 50mcg sehari sekali, bangun tidur dalam keadaan perut kosong.
Sebulan aku nurut nih, minum 50mcg ga kelewat. Sampe pada akhirnya aku kehabisan stok hormon penggantinya hari minggu kemarin.

Yaudah deh aku pikir, besok (selasa, 25 juli 2017) udah mau check up ini. Beli sekalian minta resep baru aja dari prof (padahal Euthyrox gausah pake resep dokter juga bisa loh beli di pasaran). Akhirnya aku skip sehari ga minum thyrax. Badan masih gapapa 'mungkin'.
Bukannya pulang dr RS langsung beli thyrax lagi eh malah hedon ke toko organic. Ceritanya mau beli stok makanan makanan sehat gitu. Dan hedon ga jelas banget padahal barang2 groceries di toko makanan serba sehat itu masya Allah serba mahal :(
Aku beli quinoa, himalayan salt, nutritional yeast sama chia seeds. Dan itu gatau masaknya digimanain (merasa gagal kalo pernah kerja di dapur profesional).
DAN AKHIRNYA AKU KEHABISAN DUIT.
Gajadi beli thyrax byeeee!

Terus karena aku males bolak balik ke RS buat ambil hasil lab nya. Baru diambil pas mah checkup barusan ke prof (kamis, 27 juli 2017)
dan guess what??? I'm definitely back to HYPOTHYROIDISM
Here's my result :

Setelah sebulan lebih minum 50mcg Levothyroxine sodium, dan skip sehari karna kehabisan hormon aku anjlok turun lagi dooong. (Pliisss, gatau ft4 sama ft3 nya berapa??)
yang pasti TSHs nya balik tinggi lagi di angka 14,52 .
Entah karna efek cuma 50mcg atau karna efek aku skip thyrax deh.

Dan iya badan ga karuan banget emang. Apalagi sejak pulang dari acara JEM 2017 di Jakarta minggu kemarin.

Jadi sampe detik ini aku masih skip Euthyrax hari ke 5 (plissss jangan di contoh). Ini karena aku nyepelein sehari ga minum, terus lupa, terus keburu bete dan baper, terus aku kehabisan dana gara gara sok sokan belanja makanan sehat yang gatau masaknya gimana. (Nasib belom punya gawean)
Dan badan menunjukan banyak sekali ketidak nyamanan.
1. Sakit sakit otot dan sendi, rasa nya kaya digebukin se RT.
2. Mood swings, mood udah macem roller coaster makanya maafin lagi males posting.
3. Kebluuukkk banget, ini pemicu mood swing juga karena aku susaaaahhh banget bangun pagi. Jadi si emak marah marah dan gue jadi BAPER! Mom, you should understand me :( , beneran loh Mom aku ga pengen males gini. Tapi bangun juga lemes banget banget.
4. Heavy periods. Bulan ini aku telat datang bulan lagi dari bulan sebelumnya yang malah 2 kali haid, bulan ini telat 5 hari dari hari seharusnya. Dan kali ini nyeri banget! Ditambah hari pertama haid kemarin itu waktu pulang dari acara di jakarta dan kondisi aku super kelelahan. Nyeri haid kali ini cukup panjang, karna biasanya cuma sehari dua hari. Kali ini sampe hari ke empat aku masih aduh aduhan bahkan cuma ubah posisi badan.
5. Kedinginan parah. Yup emang efek kemarau kan ya udaranya jadi dingin kering gitu tapi ga bersahabat buat hipotiroid. Mandi tengah hari jam 12 siang aja aku menggigil parah. dan tiap malem tidur dengan double selimut untuk ngeusahain badan supaya bisa hangat.
6. Baper!
7. BAPER!
8. BAPER!!

Pokoknya minggu ini lagi baper banget. Dikit dikit nangis, dikit dikit marah, dikit sikit bete, dikit dikit panikan!

Jadi, jangan coba coba nekat stop dosis thyrax ya!
Besok aku harus cari apotek gede buat beli sekotak biar ga kelupaan lagi.
Oh iya, sebulan ke depan minum 75 mcg. Semoga bisa normal ya.


Gapapa ya nulis beginian di blog. Kan judul blog nya juga 'my hashimoto diary'. Semoga ntar kalo ada yang baca ga langsung alergi ya baca tulisan aku. Thank you.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar